Kamis, 08 Desember 2011

PTK


A. JUDUL PENELITIAN
Perbaikan    Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mata Pelajaran  IPA pada Kelas IV semester  II 
B.  BIDANG KAJIAN
Bagaimana penggunaan metode demonstrasi dan eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda pada mata pelajaran IPA Kelas IV Semester II
C. PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran. http://nurizasalsa.blogspot.com/Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan  sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasi. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di MI menekankan  pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Harapan utama yang menjadi tuntutan adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai oleh anak didik secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit dirasakan oleh guru. Guru merasa berhasil dalam pembelajaran yang diajarkan apabila tujuan yang diharapkan itu tercapai. Dalam hal ini penggunaan metode sangat berpengaruh atas keberhasilan siswa. Setelah mengamati hasil ulangan dari tes formatif mata pelajaran IPA dengan standar kompetensi memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda kelas IV semester II MI NU Miftahul Ulum Karangdowo, siswa mendapat nilai kurang memuaskan, karena hasil tes formatif diperoleh data dari 24 siswa yang mencapai ketuntasan hanya 5 siswa.
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, peneliti (guru kelas IV) mencoba melakukan PTK pada mata pelajaran IPA khususnya pada Standar Kompetensi memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda dengan menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen guna mencapai tujuan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut