Kamis, 01 Desember 2011

MAKALAH

PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SD DI LOKASI PEDESAAN WILAYAH
KABUPATEN.....
A.     LATAR BELAKANG
Tujuan pendidikan nasional yang dapat terwujud secara efektif dengan melibatkan berbagai pihak secara aktif dalam penyelenggaraan pendidikan. Profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sehingga mampu bersaing baik diforum nasional maupun internasional. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensial anak didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, ini di butuhkan sosok guru yang profesional.
 B.     PERMASALAHAN
Berdasarkan latar belakang penulisan di atas, maka timbul permasalahan sebagai berikut : “Bagaimana meningkatkan mutu pendidikan SD di lokasi pedesaan wilayah Kabupaten Kendal.”

 C.     TUJUAN PENULISAN
Adapun penulisan makalah ini banyak memberikan manfaat :
1.      Menambah wawasan dan meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar di lokasi pedesaan
2.      Mengetahui sejauh mana peran serta aktif komponen guru yang berprsetasi di sekolah dan masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya.
D.     PEMBAHASAN MASALAH
Berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan, ada beberapa kriteria yang harus dikuasai guru yaitu :
    1. Penguasaan kurikulum
    2. Penguasaan materi
    3. Penguasaan metode
    4. Komitmen terhadap tugasnya
    5. Mempunyai sikap disiplin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut